Tips Dalam Memilih Mobil Bekas



Jika Suka di Like ajah ya?


Berita Terkini>>Hot News Week >>14 Tips Dalam Memilih Mobil Bekas murah>>Ipad Terbaru Informasi Windows mail

11 Tips Dalam Memilih Mobil Bekas murah
http://tai-herdy.blogspot.com/

Diawah ini adalah beberapa tips dan trik yang perlu
di perhatikan dalam memilih mobil bekas atau second

  1. Aki
  2. Untuk mengecek kemampuan menampung arus listrik aki mobil memang butuh alat khusus. Tapi Anda bisa melihat tinggi cairan, dan jika dinding aki tembus pandang perhatikan apakah sel-sel sudah ada yang melengkung. Perhatikan pula jika ada korosi pada terminal aki. Lihat juga kabel positif dan negatif yang mungkin longgar. Korosi dan kabel kendur membuat daya hantar arus listrik lemah. Sehingga tidak cukup kuat untuk memutar mesin.
  3. Ban
  4. Ban gundul jelas berisiko tinggi untuk berkendara. Meski hanya sebagian tapaknya saja. Ausnya sebagian tapak ban juga bisa dijadikan indikasi pemiliknya sudah lama tidak melakukan wheel alignment dan balancing. Selain itu perhatikan pula apakah ada dinding ban yang menggembung.
  5. Busi
  6. Lemahnya kondisi busi dapat menyebabkan kerja mesin menurun. Karena bisa membuat konsumsi bbm lebih boros, menaikkan emisi gas buang serta berakibat kerja mesin jadi tersendat karena gagal memercik. Biasanya, untuk mengakali busi yang sudah aus, celah dibuat lebih rapat dengan elektroda. Sehingga mesin bisa bekerja normal. Tapi hal itu tidak bertahan lama. Jadi sebaiknya, setelah mobil dibeli, busi ini segera diganti.
  7. Chasis
  8. untuk masalah chasis usahakan mobil berhenti di tempat yg datar. lihat apakah mobil agak miring atau center, cara yg gampang ukur pakai jari jarak antara ban dengan spakboard baik dari depan atas belakang semua harus sama tidak ada perbedaan antara ban bagian kanan dan kiri.
  9. CV joint
  10. Komponen ini berguna untuk menyalurkan tenaga mesin dari kopel (propeller shaft) ke as roda (drive shaft). Umumnya, masalah ini muncul akibat karet Constant Velocity Joint (CV Joint) sudah rusak dan bagian dalamnya kering dari gemuk (grease). Untuk mendeteksinya, Anda perlu test drive karena pada kecepatan tertentu akan muncul getaran berlebih. Atau dengan menikung patah dengan kecepatan rendah. Jika muncul suara berdetak, artinya komponen ini perlu diganti.
  11. Filter
  12. Ada tiga, yakni filter udara, oli, bahan bakar. Jika semua kondisinya baik bisa memperpanjang umur pakai mobil. Sebaliknya, salah satu filter atau semuanya kotor atau mampat.Biaya penggantiannya memang tidak mahal. Tapi jika Anda mendapati kondisi filter udara mesin kotor, kondisi mesin relatif sudah menurun. Sementara komponen itu paling mudah diganti. Jadi jika filter udara yang kotor saja tidak diganti, bagaimana dengan filter yang lain.
  13. Knalpot
  14. Untuk mengecek kondisi knalpot adalah dengan melihat ke kolong mobil. Pastikan tidak ada kebocoran pada exhaust manifold, muffler dan pipa. Anda juga bisa dengan mendengarkan apakah ada suara keras yang tidak normal. Meski hal ini mudah disamarkan dengan alasan sudah dimodifikasi.

    Dan yang paling penting saat memeriksa knalpot :

    • Ada Tetesan / Percikan Air
    • Jika terdapat tetesan air pada saat mesin dalam kondisi dingin adalah hal yang wajar. Ini disebabkan karena adanya proses kondensasi yang menyebabkan adanya embun atau uap air pada saluran knalpot, air pun akan segera hilang setelah mesin panas. Namun jika air masih tetap keluar secara terus menerus setelah mesin panas, maka dapat dipastikan bahwa adanya kebocoran pada paking head sehingga air radiator masuk ke dalam mesin, lama kelamaan hal ini bisa merusak mesin karena korosi pada dinding silinder.
    • Bersih dan berwarna abu-abu
    • Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa pembakaran mesin sudah ideal, perbandingan antara bensin dan udara untuk proses pembakaran sudah seimbang. Proses menyeimbangkan campuran antara bensin dan udara lebih untuk mesin mobil yang masih menggunakan karburator, karena jika yang menggunakan sistem injeksi, pengaturan perbandingannya (Air Fuel Ratio) sudah akurat karena sudah diatur oleh ECU.
    • Knalpot Keluar Ampas Oli
    • Lihat temp mesin saat ignition acc harus dingin coba starter dan liat knalpot jangan sampai keluar ampas oli.
    • Terdapat Lelehan Oli di ujung knalpot
    • Jika ujung knalpot seperti ini, berarti ada masalah pada mesin, penyebabnya bisa dikarenakan kerusakan pada seal klep, ring piston atau sudah terdapat adanya baret pada dinding silinder mesin sehingga oli mesin masuk kedalam ruang pembakaran. Biasanya jika terjadi hal ini, knalpot mobil akan mengeluarkan asap putih yang pekat saat mesin menyala.
    • Terdapat Kerak Hitam Karbon
    • Kerak hitam pada ujung knalpot disebabkan karena tidak sempurnanya pembakaran pada mesin. Terlalu banyak bensin dibanding udara dalam ruang mesin, sehingga banyak bensin yang tidak terbakar sempurna yang kemudian menghasilkan asap dan kerak hitam pada saluran knalpot. Jika terjadi hal ini biasanya mesin brebet, tidak bertenaga dan boros bensin. Asap hitam juga bisa disebabkan karena saringan udara kotor ataupun injector bermasalah.

  15. Lihat BPKB atau Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor
  16. Untuk mengetahui mobil sudah berpindah tangan berapa kali. Termasuk juga keaslian warna. Perhatikan lokasi tinggal pemilik pertama. Kalau dekat dengan laut, sebaiknya jangan dibeli. Karena kemungkinan karatnya besar lantaran udaranya mengandung garam.
  17. Lampu-lampu
  18. Mulai depan (lampu utama), belakang, kabin hingga indikator. Ini perlu, terutama untuk mobil yang usia sudah di atas 10 tahun. Selain dari umur bohlam, kerja lampu juga dipengaruhi oleh kondisi soket, kabel, sekring dan sistem kelistrikan lainnya. Ganti bohlam saja murah, tapi kalau harus sistem kabel, dananya cukup besar.
  19. Mesin
  20. untuk mesin misalnya sudah ada kesepakatan untuk tes, intip temperatur saat ignition acc dan belum di start lihat temperatur dan kondisi temperatur harus dingin.suara mesin juga diperhatiin, tips penting jgn pernah ngecek suara mesin kalo mesin masih dingin karena metal2 saat dingin belum pada memuai dengan sempurna jadi intinya klo denger suara mesin tungguin sampai tempnya iddle, setelah iddle tarik gas secara bertahap dari rpm 800 (tanpa AC) sampai 3000 konsentrasi dengernya apakah ada suara knocking di daerah busi sampai ke bawah.
  21. Odometer
  22. Kira-kira sudah berapa kilometer-kah berjalan, tetapi jangan percaya begitu saja, karena odometer dapat diset ulang, nah ini yang seringkali kita tertipu, biasanya untuk melihat hal itu tidak terlalu susah, anda dapat melihat tahun kendaraan, dan dapat diperkirakan kalau kendaran ini sudah lari berapa Km, dan juga, kendaraan ini dulunya berfungsi sebagai apa, mobil angkut barang, antar jemput,dsb. Dari situ anda dapat menyimpulkan kondisi kendaran tersebut.
  23. Sepatu rem
  24. Tak cukup dengan dilihat, tapi dijalankan dengan kecepatan bervariasi sambil menginjak pedal rem. Dengarkan muncul tidak suara berdecit secara kontinyu. Atau kaki terasa bergetar, kemungkinan sepatu rem sudah tipis dan ada area yang bersentuhan dengan cakram. Jika kaki seperti menendang balik menandakan piring cakram tidak rata.
  25. Sokbreker
  26. Jaman sekarang ada banyak cara dilakukan pedagang untuk
    mengambil keuntungan termasuk berlaku curang dengan memoles
    barang bekas,karena Sokbreker adalah salah satu perangkat vital pada
    sebuah kendaraan. Memperlakukannya dengan baik adalah kunci untuk
    memberikan kenyamanan, kestabilan dan keselamatan berkendara.
    Jika sudah lemah atau rusak, ayunan mobil sudah tidak teredam
    dengan baik dan dapat memperpendek umur pakai ban. Umumnya,
    sokbreker oli cenderung lebih mudah dideteksi kerusakannya
    dengan melihat apakah ada lelehan oli pada area di sekitarnya.
    Masalah lainnya adalah dudukan sokbreker yang sudah diserang karat.
  27. V-Belt
  28. Belt yang slip dapat menimbulkan suara berdecit yang keras. Kendurnya belt dapat mempengaruhi pendinginan mesin, kerja alternator, power steering dan AC. Karena harga belt ini tidak mahal, jadi sebaiknya diganti setelah membeli mobil.Untuk membeli V-belt juga harus benar-benar di perhatikan sebaiknya V-belt ini tahan terhadap panas, tidak mudah getas, tahan terhadap oli dan tidak berisik saat motor berjalan.


Bagi yang copy paste mohon sertakan Link ini >>>

Description:Review Tips Dalam Memilih Mobil Bekas Rating: 4.5 Reviewer: herdyazkiya - ItemReviewed: Tips Dalam Memilih Mobil Bekas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Ini Juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...